Cara menjaga Laptop Anda agar tetap baik

PAGE ONE

Tanpa kita sadari Laptop atau lebih dikenal Notebook sudah banyak dipakai oleh masyarakat, baik oleh bisnisman ataupun mahasiswa. Disamping harganya yang sudah mulai murah, notebook sangat praktis karena bisa dibawa kemanapun, jadi kita bisa tetap mengakses komputer walaupun berada diluar rumah, apalagi di kota-kota besar sekarang sudah banyak hotspot (area internet).


Jadi dengan berbekal sebuah laptop kita tetap bisa mengakses internet, tapi masih banyak orang yang tidak mengerti bagaimana untuk merawat Laptop agar tetap dalam kondisi prima.mereka hanya bisa memakai tanpa memikirkan cara perawatannya. 

Bagi orang yang memiliki penghasilan lebih Laptop rusak sudah jadi hal biasa,mereka tinggal membeli yang baru lagi.Tapi bagi orang yang hanya menyewa(rent),perawatan laptop menjadi hal no 1.




Laptop Prima










Berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan agar Laptop tetap dalam kondisi

prima.



1. Jangan pernah meletakkan beban yang berat di atas laptop jika kita meletakkan barang barang yang memilki beban berat diatas laptop,maka dapat menyebabkan goresan pada layar LCD.



2. Hindari meletakkan laptop didalam tas dengan barang yang terlampau penuh dengan barang-barang, karena akan menyebabkan terjadinya tekanan pada laptop



3. Perhatikan kondisi suhu laptop atau notebook tersusun dari aneka komponen elektronik yang kinerjanya di pengaruhi oleh suhu. Di antaranya, suhu yang terlalu ekstrem, misalnya terlalu panas atau terlalu dingin, bisa mengganggu kinerja atau bahkan merusak laptop. Oleh karena itu, hindarkan kebiasaan meninggalkan laptop di dalam mobil yang diparkir di bawah terik sinar Matahari. Hindari pula laptop berada di bawah sorot langsung sinar Matahari. Umumnya para produsen merekomendasikan suhu antara 5 - 35 derajat Celcius. Sementara itu, untuk ketinggian laptop direkomendasikan bekerja pada ketinggian di bawah 2.500 meter di atas permukaan laut.



4. Bila Anda akan menyimpan laptop dalam waktu lama (satu minggu lebih), sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum atau isi baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

Baca Juga : 7 Jenis Buah Penambah Stamina
                       Manfaat Dan Khasiat kacang Hijau Untuk Kesehatan




5. Hindari medan magnet untuk melindungi data yang ada di dalam harddisk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar laptop. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telefon selular. Seandainya Anda ingin mengakses internet menggunakan fasilitas inframerah pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.



6. Gunakan stabilizer jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.



7. Mematikan dengan benar jangan pernah mematikan laptop saat lampu indikator harddisk masih berkedip kedip. Kondisi ini menunjukkan hard disk masih aktif. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat laptop dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan kinerja pada hard disk. Pastikan lampu indikator harddisk telah mati sebelum Anda men-shutdown laptop.



8. Hindari permukaan terlalu empuk jangan letakkan laptop ketika menyala di tempat dengan permukaan yang terlalu empuk seperti sofa atau kasur, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam. Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop serta menjadikan laptop kepanasan.



9. Engsel monitor kalau diperhatikan dengan seksama, di dalam lipatan antara CPU dan monitor LCD terdapat engsel yang memungkinkan kedua komponen itu dikatupkan satu sama lain. Perlu disadari bahwa beban terberat dalam suatu laptop adalah pada bagian engsel tersebut. Oleh karena itu, jangan memberikan hentakan pada saat membuka monitor sewaktu mau mengaktifkan laptop.
Demikian juga sebaliknya,jangan menutup monitor terlalu keras ketika selesai menggunakan komputer jinjing tersebut.


10. Membongkar sendiri laptop atau bukan oleh ahlinya, merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop tidaklah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke IT atau service center dari laptop Anda. Itulah 10 tips..untukmerawat Laptop agar selalu dalam keadaan prima

Komentar

  1. If you want to protect your computer, it is better to buy a good one from the beginning, the fancial.com mall has a variety of computers, and the quality is also very good

    BalasHapus
  2. https://tantigo.blogspot.com/2014/10/cara-menjaga-laptop-anda-agar-tetap-baik.html

    BalasHapus
  3. If you want to protect your computer, it is better to buy a good one from the beginning. The fancial mall has a variety of computers, and the quality is also very good.

    BalasHapus
  4. According to Do My Online Exam For Me away from food, beverages, and liquids.
    Spend money on specialized cleaning services.
    lengthen the battery life.

    Allow your laptop to air out.
    Purchase a protective bag or sleeve.
    Properly store your device.
    Update your software.
    Eliminate unused programmes and files.

    BalasHapus

Posting Komentar